Berjalan, menyusuri hikmah

Sepertinya aku butuh jalan-jalan. Aku ingin menjernihkan pikiranku yang sedang kacau ini.

Setiap kali aku merasa bebanku begitu berat dan pikiranku begitu kacau, aku hanya ingin berjalan. Terakhir kali aku berjalan kaki saat pikiranku sedang kacau adalah tanggal 5 Mei yang lalu. Ketika aku mencoba belajar makna dari sikap ikhlas yang sebenarnya, bukan sekedar kata. Ketika aku mencoba mengerti tentang suatu keputusan yang menyakitkanku.

Aku sungguh ingin berjalan sekarang dan melihat potret kehidupan lain yang ada di dunia ini. Melegakan dan menyenangkan melihat anak-anak kecil yang berlarian dan berkejaran dengan teman-temannya di gang-gang sempit. Melihat canda, tawa, dan tangis di wajah polos mereka. Rasanya tak ada beban di hidup mereka. Meskipun arena bermain mereka begitu sederhana, bahkan terkadang terlihat begitu kumuh, semua mereka nikmati begitu saja.

Bayi, adalah makhluk ajaib menurutkku. Bagaimana wajah innocent mereka bisa membuat hati kita teduh dan ikut tersenyum kala melihatnya. Tapi terkadang begitu miris melihat bayi-bayi dalam gendongan yang berpanas terik di pinggir-pinggir jalan menemani sang orangtua yang mengais rizkiNya dari mengamen di bis ataupun di lampu lalin. Terlintas pikiran tentang masa depan mereka, tapi tetap merajut harapan untuk masa depan mereka yang lebih baik.

Potret pekerja ibukota yang bekerja demikian keras untuk hidupnya sehari-hari, mengingatkan aku untuk terus bersyukur betapa beruntungnya dan betapa banyak nikmat yang telah Dia berikan kepadaku. Seringkali aku masih mengeluhkan pekerjaanku sekarang, betapa sering aku tak bersyukur.

Berjalan=melihat berbagai macam hal dan merenunginya, mengambil berbagai pelajaran.

Berjalan mungkin begitu sederhana, tetapi jangan pernah meremehkan hal-hal yang dianggap sederhana itu, karna di baliknya mungkin ada pelajaran besar untuk hidup dan bertahan..

2 thoughts on “Berjalan, menyusuri hikmah

Leave a Reply

