Standard

Pantaskah ini dipertahankan?

saya bertahan di sini sekarang hanya untuk mereka, senyum mereka, kebahagiaan dan kebanggaan yang mereka rasakan.

Entah di bagian mana dari yang saya lakukan yang bisa membuat mereka bangga dan bahagia.

Mungkin sekedar di mana saya berada sekarang.

Ketika apa yang tampak di hadapan saya ternyata melukai idealisme saya, ketika semua menghancurkan prinsip yang selama ini saya pegang teguh, lalu apa sebenarnya yang bisa saya pertahankan.

Hanya mengingat senyum dan kebahagiaan mereka mungkin.

Ketika dengan mengambil langkah ini ternyata ada sakit yang mengiringi. Sakit yang meninggalkan luka dalam yang tak kunjung kering..

Saya kembali bertanya, apa semua ini cukup berharga untuk dipertahankan?

Saya belajar banyak tipe manusia di sini. manusia-manusia yang bertemu dan bekerja bersama saya tiap hari. Benar kata seorang partner di tempat saya dulu,  kehidupan bermasyarakat adalah sekolah terbesar dan terbaik untuk mengenal dan belajar berbagai macam tipe manusia. Ada yang baik, ada yang semaunya. Ada yang kita sukai ataupun tidak,sama dengan disukai atau tidaknya kita di mata orang lain. 

Saya melihat orang-orang yang tidak mau bertanggungjawab, saya melihat orang-orang yang hanya mau “cuci tangan”, lalu saya berpikir, untuk apa saya bertahan di tempat ini? Mungkinkah karna ini pilihan yang tersisa sekarang? Ataukah saya mulai senang di “zona aman” yang tidak aman ini? 

Ketika ada kejadian baru-baru ini, saya mulai bertanya, apakah ini jawaban Tuhan atas pertanyaan-pertanyaan saya? Ah, lagi-lagi timbul satu pertanyaan baru.

Saya ingin menunggu langkah-langkah yang akan diambil selanjutnya. Itulah yang menentukan sikap saya. Kalaulah memang tak pernah ada titik temu, mungkin ini akhir perjalanan saya. Inilah titik klimaks saya, di mana saya mungkin harus mengorbankan senyum dan kebanggaan mereka yang saya sayangi. Mungkin saya tak cukup kuat untuk merubah dan mewarnai lingkungan raksasa ini dengan warna yang lebih baik dari abu-abu

Leave a Reply

