Hijab

Saya berada di keramaian mall.. di musholanya saya berhenti,menunggu adik yang sedang menjawab sapaan sang Pemilik kehidupan.

Ramai sekali hari itu. Mungkin karena memang hari ahad, makanya banyak yang menghabiskan waktu di mall ini. Tapi saya merasakan sepertinya ada yang berbeda memang. Sumber keramaian itu beberapa datang dari kelompok gadis-gadis modis,cantik,menenteng sejumlah tas belanjaan merk ternama. Mereka semua berhijab.

Beberapa membuat saya gemas. Memakai hijab setengah hati. Ah,atau mungkin memang dia tidak sadar,ada aurat yang terlihat. Ada lagi yang,ah..sudahlah.. saya tengok,hijab saya pun tak sempurna,hr ini saya masih memakai celana kain,brarti masih masuk hitungan menampakkan lekuk tubuh kan?

Saya melirik ke pojokan,ada seorang gadis memakai hijab rapi,kontras dengan saya dan hijabers modis di sekitarnya. Dia anggun dengan kesederhanaannya.

Saya jadi berpikir. Ada sisi positif dari munculnya macam-macam hijab dan jilbab belakangan ini. Para hijabers atau para wanita muslimah yang takut berhijab karena beberapa alasan termasuk alasan terkait penampilan (ada lho) jadi yakin bahwa dengan berhijab para wanita muslimah bisa tetap tampil cantik. Para hijabers itu tidak melulu diidentikkan tampil kucel,kusam,kuno,atau selalu memakai warna gelap. Tapi bisa memakai ragam warna,tampil cantik dengan berbagai motif.

Tapi di sisi lain,lama kelamaan hijab kok jadi hanya sekedar trend fashion saja. Dan tren itu seperti kebablasan. Dari hijab dengan bahan kain yang tipis (sifon,paris,cerruti,dll) -saya juga punya ini- atau dalaman jilbab punuk unta, atau gamis/terusan yang bahannya ktika dipakai bikin lekuk badan klihatan kemana-mana.

Buat saya kita boleh kok memakai beragam warna,memainkan motif, mengikuti tren, asal semua itu bisa dipadupadankan dengan baik dan terutama tidak melanggar syar’i. Ktika banyak yang belum syar’i, jangan diikuti namun salinglah mengingatkan. Secantik apapun kita ingin tampil,ingat selalu tampilan cantik yang diinginkan Alloh. Saya percaya smua berhijab insyaalloh karena ingin lebih baik di hadapanNya,ingin menunaikan kewajiban sebagai seorang muslimah yang taat. Catatan ini saya buat bukan untuk menjudge siapapun,tapi lebih kepada mengingatkan diri saya ktika terlena dengan yang tidak syar’i. Ayo memperbaiki penampilan,hati dengan apa yang telah ditetapkan olehNya.

Mengutip salah satu quote favorit saya (lupa siapa yang bilang :p) dan kata sahabat saya..

“Dengan berhijab, kita tidak membiarkan orang menilai kita dari penampilan fisik saja, seperti wajah cantik atau tubuh sexy, tapi kita membuat orang lain melihat siapa diri kita sebenarnya, pemikiran kita, hati kita..”

Leave a Reply

